Home / Kreatif / Manfaat Kemasan Makanan Untuk Produk Anda
manfaat kemasan makanan

Manfaat Kemasan Makanan Untuk Produk Anda

Strategi Pemasaran

Di Indonesia kebutuhan akan kemasan dan supplier toko plastik kini menjadi sebuah kebutuhan di kalangan masyarakat dan pebisnis kuliner di Indonesia. Bagaimana tidak, packaging kemasan makanan kini menjadi salah satu strategi utama dalam pemasaran suatu produk. Para pebisnis kuliner berlomba menciptakan berbagai manfaat kemasan makanan atau produk menarik untuk bersaing mendapatkan para pelanggan. Efek packaging sangat mempengaruhi terhadap penjualan produk milik anda.

Berbagai teknologi dan inovasi dalam dunia packaging telah berkembang sangat pesat. Hal ini didasari pada persaingan bisnis yang membuat para produsen melakukan inovasi pada kemasannya agar tampak lebih menarik minat para pelanggan. Desain kemasan memang menjadi salah satu pemicu penjualan produk seperti yang telah di jelaskan sebelumnya. Hal ini juga berkaitan pada nilai tambah yang dihasilkan oleh kemasan tersebut yakni mampu mempengaruhi emosional para pelanggan dan dinilai sangat ampuh.

Desain kemasan menjadi bagian yang paling penting, khususnya unsur-unsur dalam desain kemasan tersebut seperti pemilihan warna, bentuk kemasan, keunikan logo, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, pemenuhan unsur-unsur kemasan yang baik dan sesuai dengan produk merupakan hal yang harus diperhatikan agar dapat menambah tingkat penjualan.

Fungsi Kemasan Makanan

Adapun fungsi packaging yang perlu anda ketahui untuk lebih mengerti efek dari penggunaan packaging terhadap penjualan anda , yakni sebagai berikut :

Sebagai tempat produk

Fungsi yang pertama adalah sebagai tempat untuk produk yang ingin di jual. Menentukan besar dan kecilnya kemasan yang akan digunakan, mengetahui berat dan jenis produk yang akan ditempatkan dalam kemasan. Kemasan yang digunakan memudahkan dalam pendistribusian serta mampu melindungi produk di dalamnya agar tetap utuh.

Sebagai Identitas & alat komunikasi

Fungsi kedua adalah sebagai identitas maksudnya adalah tanda pengenal bagi si produk. Pada dasarnya banyak produk lain yang sejenis dan dijual bersamaan dengan produk yang anda miliki. Maka disinilah peran kemasan dibuat, yakni membedakan produk anda dengan produk lain yang sejenis sehingga para pelanggan mengetahui bahwa produk yang ingin dibelinya adalah produk anda. Secara tidak langsung, kemasan produk dapat dijadikan media komunikasi dengan pra pelanggan. Sebab pada kemasan tersebut aan menujukkan merk, gambar, maupun pesan yang akan menimbulkan rasa ingin tahu para pelanggan. Jadi, dengan adanya suatu kemasan akan memberikan informasi bagi para pelanggan yang hendak membeli produk anda.

Memudahkan Penggunaan

Fungsi ketiga dari kemasan yakni memudahkan para pelanggan saat hendak menggunakan atau memakai produk yang telah dibelinya. Kemudahan ini dapat berarti memudahkan saat membuka produk, memudahkan mengeurkan isi didalamnya, serta memudahkan produk untuk dibawa dan disimpan.

Mempromosikan Produk

Manfaat kemasan makanan yang unik dan menarik, aman, serta memudahkan para pelanggan saat menggunakan produk anda dapat menjadi nilai jual. Maka dari itu, memperbaiki kemasan dapat mempengaruhi efek penjualan produk anda.

Kualitas Packaging

Penjelasan diatas merupakan beberapa fungsi dari penggunaan kemasan, Adapun cara meningkatkan packaging suatu produk secara tepat untuk meningkatkan kualitas kemasan anda sehingga lebih memikat para pelanggan dan meningkatkan penjualanan. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan packaging kemasan makanan anda :

Brand

Nama Produk adalah brand produk yang ingin anda jual. Nama yang tepat sesuai dengan brand adalah nama yang unik, tidak terlalu panjang, mudah diingat, dan berhubungan dengan produk yang anda jual.

Informasi

Informasi, adalah memberikan sebuah informasi secara relevan melalui kemasan sehingga menambah tingkat kepercayaan pelanggan.

Identitas

Identitas merk, adalah kemasan anda sesuai dengan produk yang anda jual. Maka dari itu, pastikan membuat kemasan yang mudah diingat oleh para pelanggan.

Warna

Warna, adalah pemilihan warna yang dapat membuat pelanggan tertarik pada produk anda. Carilah warna yang menunjukkan tampilan yang lebih terang atau dengan inovasi lainnya.

Kejelasan, adalah factor terpenting pada sebuah kemasan. Jangan sampai kemasan yang anda gunakan membingungkan para pelanggan saat menggunakannya karena hal ini akan mengurangi tingkat kepercayaan sehingga, penjualan produk akan terganggu.

Itulah beberapa penjelasan mengenai packaging kemasan terhadap penjualan produk. Tentunya sekarang anda mengerti betapa pentingnya membuat desain suatu kemasan sangat berpengaruh dalam menarik para pelanggan untuk menggunakan produk milik anda. Semoga dengan membaca ini, dapat berguna bagi anda dalam menentuan desain kemasan yang tepat bagi produk anda.

Butuh vendor untuk membuat kemasan yang tepat untuk produkmu? Segera kunjungi website Nectar Custom dan temukan produk pilihanmu.

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *