Home Travel Kalimantan Tempat Wisata di Kalimantan Timur
tempat wisata di kalimantan timur

Tempat Wisata di Kalimantan Timur

Kalimantan Timur

Provinsi Kalimantan Timur merupakan salah satu Provinsi terluas kedua setelah Papua, yang memiliki potensi sumberdaya alam melimpah didalamnya! dimana sebagian besar potensi tersebut belum dimanfaatkan secara optimal seperti Pertambangan, Kehutanan dan hasil lainnya. Walaupun demikian, sumberdaya alam dan hasil-hasilnya sebagian besar dieksport keluar negeri, sehingga Provinsi ini merupakan penghasil devisa utama bagi negara, khususnya dari sektor Pertambangan dan Kehutanannya.

Menurut perkembangan pulau Kalimantan Timur ini dahulu, Sebelum masuknya suku-suku dari Sarawak dan suku-suku pendatang dari luar pulau, wilayah ini sangat jarang penduduknya sehingga membuat wilayah ini masih terjaga kelestariannya. Sebelum kedatangan Belanda terdapat beberapa kerajaan yang berada di Kalimantan Timur, diantaranya adalah Kerajaan Kutai (beragama Hindu), Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura, Kesultanan Pasir dan Kesultanan Bulungan. Wilayah Kalimantan Timur dahulu mayoritas adalah hutan hujan tropis, jadi iklimnya tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin.

Kalimantan Timur merupakan salah satu pintu gerbang utama di wilayah Indonesia bagian Timur. Wilayah yang juga dikenal sebagai penghasil gudang kayu dan hasil pertambangan terbesar ini mempunyai ratusan sungai yang tersebar pada hampir semua kabupaten/kota dan merupakan sarana angkutan utama di samping angkutan darat, dengan sungai yang terpanjang Sungai Mahakam.Provinsi Kalimantan Timur yang terletak di paling timur Pulau Kalimantan. Tepatnya, provinsi ini berbatasan langsung dengan Kalimantan Utara di sebelah Utara, Laut Sulawesi dan Selat Makasar di sebelah Timur, Kalimantan Selatan di sebelah Selatan, dan Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah serta Malaysia di sebelah Barat.

Daratan Kalimantan Timur tidak terlepas dari perbukitan yang terdapat hampir di seluruh kabupaten. Jumlah danau di provinsi ini juga cukup banyak yaitu sekitar 18 buah. Untuk penduduk etnis yang menempati pulau Kalimantan Timur ini, terbagi menjadi beberapa bagian yaitu Etnis paling dominan di Kalimantan Timur yaitu etnis Jawa yang menyebar di hampir seluruh wilayah terutama daerah transmigrasi hingga daerah perkotaan. Etnis terbesar kedua yaitu suku Bugis yang banyak menempati kawasan pesisir dan perkotaan. Etnis terbesar ketiga adalah suku Banjar yang cukup dominan di Kota Samarinda dan Balikpapan.

Selain itu, Kalimantan Timur merupakan tujuan utama bagi imigran asal Pulau Jawa, Sulawesi dan Kalimantan Selatan. Adapun di urutan keempat yaitu Etnis Dayak yang menempati daerah pedalaman. Etnis Kutai yang mendiami Kutai Kartanegara, Kutai Timur dan Kutai Barat berada di urutan kelima. Di urutan keenam hingga sepuluh berturut-turut yaitu etnis Toraja, Paser, Sunda, Madura dan Suku Buton serta suku-suku lainnya dari berbagai daerah di Indonesia.

Tempat Wisata Kalimantan Timur

Adapun lokasi destinasi wisata hits dan kece di Kalimantan Timur yang akan kami berikan untuk anda, yaitu sebagai berikut :

Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin

Lokasi
Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Tiket Masuk

  • Gratis
  • Biaya sewa perahu Rp 100.000,00
  • NB : Biaya bisa berubah sewaktu-waktu

Jam buka 07.00 – 17.00 WIB

Ringkasan

Danau Labuan Cermin merupakan salah satu keajaiban wisata alam di Kalimantan Timur yang patut disinggahi. Danau ini merupakan surge bawah laut yang terletak di Labuan kelambu, kabupaten berau. Menariknya dari danau ini ialah memiliki air yang sangat jernih dan keistimewaan yaitu dimana bagian atas danaunya adalah air tawar dan bagian bawahnya adalah air asin. Sangat menakjubkannya lagi, kedua jenis air ini tidak bercampur menjadi satu dan dapat dilihat oleh kasat mata dari perbedaan warna airnya yang terlihat seperti di pisahkan oleh lapisan tipis seperti awan.

Luar biasanya lagi, kedua jenis air danau ini menghadirkan kehidupan 2 organisme yang berbeda kehidupan yaitu ikan air tawar yang hidup di permukaan dan ikan air laut yang hidup di dasar danau. Masih gak percaya ??? Pengen buktikan kebenarannya ? yuk berkunjung ke Danau Labuan Cermin langsung. Danau ini sangat mungil dan kecil dari danau lainnya, wilayah sekitar danau dikelilingi oleh hutan dan tebing yang menjulang tinggi.

Danau ini memiliki air yang begitu jernih, sehingga orang yang berada di atas danau tersebut dapat bercermin di atasnya, tidak salah jika danau ini dinamakan Labuan Cermin hehe…! Untuk menuju lokasi danau ini memang memakan waktu yang cukup lama, karena lokasinya yang jauh dari pusat kabupaten berau, kalian harus menempuh 6-7 jam perjalanan untuk mencapai danau Labuan cermin yang begitu indah ini.

Pulau Kakaban (Danau Ubur-ubur)

Pulau Kakaban (Danau Ubur-ubur)

Lokasi
Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Tiket Masuk

  • Tiket Masuk Rp 20.000,00/orang
  • Biaya sewa peralatan snorkeling Rp 50.000,00
  • Biaya sewa sepeda Rp 20.000,00
  • NB : Biaya bisa berubah sewaktu-waktu

Jam buka 24 jam

Ringkasan

Inilah ikon objek wisata yang mungkin paling terkenal seantero Kalimantan dan yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara yaitu pulau kakaban. Pulau ini terletak di kabupaten berau tepatnya di gugus kepulauan derawan yang merupakan kepulauan yang sangat terkenal karena keindahannya dan kekayaan biota bawah lautnya yang indah, dengan pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Pulau kakaban ini sangat hijau dan memiliki keistimewaan dengan kepopulerannya yang nyaris mengalahkan wisata raja ampat yang merupakan wisata terfavorit di Indonesia.

Itulah alasannya, pulau ini adalah salah satu pulau termansyur dan menjadi ikon kunjungan para turis dunia yang menggilai wisata bahari dan untuk bahan melakukan penelitian biota laut yang ada di pulau kakaban ini. Hal yang menjadi daya tarik pulau ini adalah danau ubur-uburnya. Ada 4 jenis ubur-ubur di danau ini yaitu Aurelia, Casiopea, Golden Jellyfish, dan Mastigias Papua. Uniknya lagi, ubur-ubur yang ada di danau ini tidak mematikan dan daya sengatnya sangat tawar. Jadi, wisatawan bisa menikmati diving dan snorkeling di danau ini.

Pantai Melawai

Pantai Melawai

Lokasi
Jl. Pelabuhan Semayang, Prapatan, Balikpapa, Kalimantan Timur 76111, Indonesia.

Tiket Masuk

  • Tiket Masuk Gratis
  • Biaya parkir motor Rp 2.000/Mobil Rp 5.000

Jam buka 24 jam

Ringkasan

Pantai Melawai ini merupakan pantai yang menjadi ikon kota Balikpapan. Pantai yang paling terkenal karena keindahannya yang menawan dan menonjol ketika matahari terbenam. Dimana tidak usah dipungkiri lagi pemandangan horizon langit yang sangat jelas dan landau tanpa terhalang bukit atau apapun, yang sesekali dilewati oleh perahu-perahu nelayan yang melintas membuat pemandangan di pantai ini menjadi sangat menakjubkan dan menawan jiwa.

Selain dapat menyaksikan indahnya senja, wisatawan juga sekaligus dapat melihat pulau kecil di seberang pantai yang bernama pulau Babi disana. Kenapa dinamakan pulau babi ? Karena, di pulau itu terdapat banyak sekali binatang laut bulu babi. Nah, jika air laut sedang surut, para wisatawan dapat berjalan kaki menuju pulau tersebut dari bibir pantai karena lokasinya tidak jauh dari pesisir pantai. Lokasi pantai ini berada di pusat kota Balikpapan sehingga dapat dengan mudah dicapai, dan suasana pantainya yang tetap selalu ramai hingga malam hari sekalipun.

Taman Rekreasi Lembah Hijau

Taman Rekreasi Lembah Hijau

Lokasi
Jl. Kebun Raya, Lempake, Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75113

Tiket Masuk

  • Tiket Masuk Rp 5.000,00/orang
  • Biaya sewa peralatan camping Rp 180.000/orang

Jam buka 24 jam

Ringkasan

Taman Rekreasi lembah hijau ini adalah objek wisata alam yang ada di ibu kota Samarinda, tepatnya bersebelahan dengan Raya Unmul Samarinda. Taman ini memiliki banyak atraksi permainan untuk menarik para pengunjung untuk datang di tempat ini. Adapun atraksi yang tersedia seperti replica hutan lengkap dengan berbagai jenis kayu khas hutan Kalimantan yaitu kayu rotan, kolam pemancingan, pendopo, dan café yang bisa digunakan untuk area bersantai melepas penat setelah berkeliling taman.

Area taman ini juga memfasilitasi arena camping ground dimana wisatawan dapat berkemah lengkap dengan fasilitas dan tempat penyewaan alat berkemah dengan segala perlengkapannya. Adapun fasilitas atraksi lainnya yang disediakan oleh pengelola taman yakni fasilitas outbound dan wahana permainan seperti flying fox, waterboom, dan jarring panjat yang disediakan pengelola taman.

Samboja Lodge

Samboja Lodge

Lokasi
Jl. Balikpapan – Handil Km.44 Kelurahan Margomulyo, Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Tiket Masuk

  • Tarif menginap di Samboja Lodge antara Rp 1.500.000,- s/d Rp 3.500.000,- per malam dan sudah termasuk antar jemput dan akomodasi lain-lain.

Jam buka 24 jam

Fakta Menarik

Bagi pecinta travelling, pasti selalu ingin mencoba suatu hal baru yang menarik sebagai pengalaman hidupnya. Nah kenapa tidak untuk lokasi wisata yang satu ini…! Samboja Lodge, merupakan destinasi wisata penginapan yang memberikan sensasi baru menginap di tengah hutan pada sebuah bangunan khas suku dayak yang merupakan suku asli Kalimantan. Nah, ketika berada di Kalimantan timur jangan lewatkan kunjungan wisata anda ke samboja lodge ini. Sebuah penginapan yang eksklisif yang letaknya berada di daerah kutai kartanegara dan lokasinya berada tepat di tengah hutan tropis Kalimantan Timur. Sensasi yang di tawarkan bagi tamu memang sangat luar biasa. Desain penginapan yang berarsitektur kayu dengan ukiran khas suku dayak ini langsung menghadap ke pemandangan hutan.

Lokasi penginapan ini merupakan bagian dari kawasan hutan konservasi samboja lestari yang dikelola oleh yayasan Borneo orangutan survival (BOS). Fasilitas yang tersedia di penginapan ini juga sangat lengkap yaitu ada restoran, layanan kamar, parkir, bar, yang didesain untuk kenyamanan pengunjung. Selama berada di penginapan ini, para tamu dapat berinteraksi langsung dengan orangutan dan beruang madu yang berada di lokasi konservasi tersebut.

Ladang Buaya (Ladya) Tenggarong

Ladang Buaya (Ladya) Tenggarong

Lokasi
Jl. H. Bachrin Seman RT.12, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Tiket Masuk

  • Tiket Masuk Anak-anak Rp 5.000,00/orang
  • Tiket Masuk Dewasa Rp 10.000,00/orang

Jam buka 09.00 – 18.00 WIB

Ringakasan

Hihihi… nama tempatnya serem juga yaa guys. Eitss, tapi jangan salah sangka dulu..! Lokasi ini bukan tempat penangkaran buaya lhoo yaa, apalagi buaya darat wkwk, udah pasti bukan dong. Jadi, tempat wisata yang satu ini merupakan lokasi wisata yang memadukan wisata alam dan kebudayaan dalam satu tempat. Kece-nya lagi, lokasi ini memiliki beragam fasilitas yang seru, seperti camping dan play ground serta paint ball area.

Tapi, yang lebih menarik dan mencuri perhatian dari lokasi ini adalah arsitektur bentuk bangunanya yang ada di ladya tenggarong ini. Arsitektur bangunan yang berbeda dari kebanyakan tempat penginapan lainnya. Berada di dekat pepohonan rindang dan kolam buatan yang berjajar dengan sejumlah pohon lainnya, membuat penginapan Ladya Tenggarong ini terasa sejuk dengan semilir angina yang berhembus.

Di lokasi ini juga terdapat mini zoo, bagi para wisatawan yang ingin menikmati koleksi hewan khas yang ada di Kalimantan seperti burung enggang, beruang madu, uwa-uwa hingga burung merak. Ingin merasakan sensasi lokasi wisata yang satu ini ? Yuk, berkunjung…!

Gua Batu Gelap

Gua Batu Gelap

Lokasi
Desa Separi Besar, Sukamaju, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kalimantan Barat.

Tiket Masuk Gratis (Seikhlasnya)

Jam buka 24 jam

Ringkasan

Bagi pecinta travelling, mengeksplore tempat wisata adalah hal yang penting. Nah, disini kami menawarkan lokasi wisata yang sangat menarik sebagai target trip kalian berikutnya yaitu mengunjungi Gua Batu Gelap. Bagi pecinta trip and adventure menjelajahi goa adalah hal yang sangat menantang adrenalin. Apalagi jika dikaitkan dengan hal mistis, pasti menambah tantangan tersendiri bagi seorang travelling. Untuk dapat memasuki goa ini, sebalumnya para wisatawan di mintau untuk mengisi buku tamu terlebih dahulu, dan anda akan diberikan tawaran untuk menyewa jasa guide atau tidak.

Ketika berada di dalam goa, wisatawan akan dikelilingi batu dinding dan hutan yang sangat memanjakan mata. Untuk memasuki goa ini juga membutuhkan keberanian dengan melewati lokasi goa yang gelap, melewati batu-batu yang licin, tanah lumpur, dan suasana goa yang sedikit bikit jantung dagdigdug. Tapi, di situlah letak keunikan dan hal ini cukup menjadi hiburan tersendiri bagi travelling.

Air Terjun Pinang Seribu

Air Terjun Pinang Seribu

Lokasi
Bengkuring, Kelurahan Sempaja Utara, Samarinda, Kalimantan Timur.

Tiket Masuk

  • Tiket Masuk Rp 5.000
  • Parkir motor Rp 1.000/mobil Rp 3.000
  • Sewa Sepeda air Rp 15.000
  • Mancing sepuasnya Rp 10.000

Jam buka 08.00 – 17.00 WIB

Ringkasan

Air Terjun Pinang Seribu merupakan objek wisata yang ada di Semarinda yang masih jarang di kunjungi wisatawan local maupun wisatawan asing. Namun, pengelola lokasi wisata air terjun pinang seribu ini telah mengembangkan dan merenovasi tempat wisata ini menjadi tambah menarik yaitu dengan menyediakan fasilitas seprti sepeda air, flying fox, pendopo, pemandian umum, dan lain-lain. Tempat ini, juga biasanya digunakan sebagai acara outbound.

Kawasan wisata yang sangat cocok untuk acara berkumpul keluarga dengan tarif yang cukup murah dan anda dapat menikmati berbagai fasilitas dan wahana yang cukup menarik, yang telah disedikan pengelola di tempat wisata ini.

Karst Sangkulirang

Karst Sangkulirang

Lokasi
Kawasan Karstique, kecamatan kelay, Biatan, Talisayan, Batu putih, dan biduk-biduk berau, Kalimantan Timur.

Tiket Masuk Gratis

Jam buka 24 jam

Fakta Menarik

Karst Sangkulirang adalah lokasi wisata primadona yang ada di Kalimantan Timur. Bukan hanya itu saja, pada tanggal 30 Januari 2015 lalu lokasi wisata Karst Sangkulirang ini masuk dalam daftar sementara (tentative list) UNESCO sebagai potensi warisan dunia asli Indonesia yang terletak di Kalimantan Timur. Wilayah yang memiliki kondisi bentang alam dan sebagai salah satu daerah eksplorasi dan eksploitasi tambang terbesar ini, memiliki gua-gua permukiman yang sudah ada sekitar 4.000 tahun lalu. Waw, luar biasa…!.

Wilayah ini juga merupakan penghasil sarang burung terbesar dengan rata-rata hasil yang bisa di dapat dalam 1 hari panen adalah 1 ton. Memang tidak perlu diragukan lagi, jika Karst Sangkulirang ini menjadi destinasi wisata dunia yang sangat baik. Selain banyaknya bentang alam dan penghasilan akan perekonomiannya, tempat ini sungguh menyajikan panorama yang dapat memukau para wisatawan yang berkunjung. Maka sangat tidak heran, jika lokasi wisata ini siap menjadi warisan dunia baru di Kalimantan Timur (World Herritage).

Desa Pampang

Desa Pampang

Lokasi
Jl. Dhlia No.69, Sungai Siring, Samarinda Ulu, Sungai Siring, Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75119.

Tiket Masuk Rp 25.000

Jam buka 14.00 – 17.00 WIB

Ringkasan

Kalimantan Timur tidak hanya terkenal karena lokasi wisata baharinya, namun lokasi wisata budaya juga ada disini yaitu desa pampang. Desa pampang merupakan lokasi tempat tinggal dari Suku dayak pampang di Samarinda. Namun, karena ingin memperkenalkan akan budaya yang ada maka desa pampang ini dibuka sebagai destinasi wisata budaya yang sekaligus ingin memperkenalkan seni daerah suku dayak.

Destinasi yang satu ini memang memiliki keunikan tersendiri dari yang lainnya. Di desa ini, wisatawan dapat menikmati beragam macam ciri khas dari suku dayak pampang yang ada di Samarinda ini yakni mulai dari menikmati tarian tradisionalnya, indahnya rumah adat Lamin Adat Pamung Tawai yang megah dan penuh dengan lukisan-lukisan indah khas dayak. Jadi, cukup beralasan jika Desa Dayak Pampang Samarinda ini di nobatkan sebagai asset unggulan wisata local, karena keberadaannya yang mampu menarik wisatawan local maupun luar. Jika kalian penasaran betapa menariknya desa pampang ini, kalian bisa segera berkunjung yaa guys di pastikan pengalaman liburan kalian tidak akan pernah sia-sia.

Batu Dinding

Batu Dinding

Lokasi
Jl. Soekarno-Hatta Km 45, Desa Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Tiket Masuk Rp 5.000,00/orang

Jam buka 04.00 – 18.00 WIB

Ringkasan

Batu dinding merupakan lokasi wisata alternative bagi kalian yang ingin menikmati sunrise ala-ala tembok besar cina, hehe ada-ada aja yaa…! Jadi, di sini kalian bisa menikmati sensai dan keseruan yang gak kalah abis dengan lokasi wisata tembok besar di cini.

Untuk dapat sampai di lokasi ini, anda akan disuguhkan dengan perjalanan yang seru tiada tara. Dengan menyusuri jalan setapak, sambil menikmati keindahan alam ditambah dengan sejuknya udara yang di hembuskan dari perkebunan buah Sunkist, buah naga, dan pohon karet. Namun, semuanya akan terbayarkan ketika anda telah sampai dan berada di atas bukitnya. Kalian akan di sajikan lokasi tempat yang eksotis dan keren, dengan panorama pemandangan alam yang indah di sekelilingnya. Spot satu ini sangat hits dan instagrammable. Jadi, berfoto di tempat ini adalah keharusan.

Bukit Bingkarai

Bukit Bingkarai

Lokasi
Jl. Soekarno-Hatta KM 38, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Tiket Masuk

  • Anak-anak Rp 1.500
  • Dewasa Rp 3.500
  • Parkir mobil Rp 5.000/motor Rp 3.000
  • Wisata bermain Canopy bridge WNI Rp 20.000
  • Wisata bermain Canopy bridge mancanegara Rp 50.000

Jam buka 08.00 – 17.00 WIB

Ringkasan

Ingin menikamati hari libur dengan suasana hutan hujan tropis (Tropical Rain Forest) yang masih sangat alami dan sudah jarang di temui ? Nah, sangat kebetulan sekali nih buat kalian yang ingin merasakan sensasi objek wisata hutan hujan tropis tersebut anda bisa langsung berkunjung di Bukit Bangkirai. Dengan pemandangan yang tidak biasa, dan pohon-pohon yang tumbuh di di hutan ini kebanyakan adalah pohon Bangkirai yang sudah hidup lebih dari 150 tahun lamanya.

Lokasi Bukit Bingkarai ini juga dapat dijadikan sebagai media pendidikan dan bahkan objek penelitian yang memiliki banyak binatang satwanya. Uniknya lagi, wilayah ini memiliki tumbuhan banir (akar papan) yang besar dan kuat yang menjadikan pohon bingkarai terlihat indah. Objek wisata Bukit Bangkirai ini juga sudah di lengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai yaitu taman bermain, tempat parkiran, gedung pertemuan, restoran, dan jugle cabin (penginapan alami tanpa tanpa listrik) hehe gelap-gelapan dong wkwk…!

Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah

Lokasi
Pulau beras basah, Kota Bontang, Bumi Etam, Kalimantan Timur, Indonesia.

Tiket Masuk Rp 50.000,00

Jam buka 24 jam

Ringkasan

Pulau beras basah ini merupakan pulau yang memiliki pantai dengan hamparan pasir putih yang cukup lembut dikaki dengan pesona bahari yang ditawarkannya. Air lautnya yang sangat jernih, sehingga wisatawan dapat melihat secara langsung keindahan hijaunya tumbuhan di bawah laut. Bahkan sesekali ikan kecil terlihat samar-samar dan tampak pulau-pulau tak berpenghuni ramai terlihat yang hanya dipenuhi dengan rimbunnya pohon bakau. Pemandangan dari pepohonan hijau senantiasa menghiasi pulau ini.

Keindahan alamnya solah-olah menggoda siapapun yang berkunjung di pulau ini, untuk langsung berenang menikmati indahnya pesona alam bawah laut. Kawasan ini juga sangat cocok bagi pecinta fotografi untuk membuat moment dan karya yang dapat di abadikan. Untuk fasilitas yang ada di pulau ini masih ala kadarnya, tidak ada penginapan serta rumah makan. Namun, ada gazebo yang bisa anda gunakan secara gratis untuk beristirahat, ruang ganti pakaian, dan toilet.

Pulau Maratua

Pulau Maratua

Lokasi
Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Tiket Masuk Gratis

Jam buka 24 jam

Ringkasan

Bagi para pecinta snorkeling, pulau Maratua merupakan surganya para penyelam yang ingin menikmati alam bawah laut. Pulau Maratua ini menawarkan beragam hal yang akan membuat anda terkagum-kagum karena keindahannya. Jadi, pastikan anda tidak mengesampingkan ajakan ke pulau Maratua ini. Pulau Maratua ini berada di perairan Sulawesi yang berbatasan dengan perairan Malaysia.

Ada 2 alam yang bisa anda nikmati ketika berada di pulau ini yang akan membuat anda terkagum-kagum. Ketika berada di permukaan, anda bisa menikmati senja dengan panorama sunset yang keren gila…! Sedangkan ketika berada di bawah permukaan, anda akan di suguhkan secuil potongan surga yang indahnya tak dapat diungkapkan lagi dengan kata-kata. Di bawah permukaan anda bisa bersahaja bermain bersama lion fish yang berkeliaran kesana kemari atau mungkin pari putih dan penyu hijau jika anda beruntung. Awesome banget ….!

Pulau Derawan

Pulau Derawan

Lokasi
Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Tiket Masuk Gratis

Jam buka 24 jam

Ringkasan

Pulau Derawan adalah pantai yang memiliki ombak tenang, pasir yang putih, dan keindahan yang hakiki. Keindahan yang ditawarkan tidak hanya di permukaannya saja. Saat anda menyaksikan pemandangan di bawah air, wow… sungguh sulit untuk mengungkapkannya lewat kata-kata.

Saking jernihnya air yang ada di pulau derawan ini saja, anda dapat menikmati pemandangan eksotis di bawah laut tanpa harus snorkeling dan diving, meski aktivitas kedua tersebut sebenarnya tidak di larang. Disana banyak habitat ikan badut atau ‘Nemo’ di antara karang yang eksotis. Dan hal yang paling mengesankan adalah anda bisa menyaksikan kekayaan biota bawah laut yang ada di pulau Derawan ini yang akan membuat kalian terkagum-kagum akan pesona keindahannya.

Desa Api-api

Wisata desa Api-api

Lokasi
Jl. Provinsi KM 32, Desa Api-api, Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur.

Tiket Masuk Rp 2.000,00/orang

Jam buka 08.00 – 17.00 WIB

Ringkasan

Jangan salah sangka dulu nih guys hehe… Desa Api-api bukan desa yang terbakar atau negara api seperti di film Avatar yaa..! Jadi, desa api-api ini merupakan lokasi untuk penangkaran Rusa liar yang ada di kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Bahwasannya, Kalimantan Timur memang menjadi lokasi surganya hewan-hewan eksotis yang hidup disana seperti ikan manta, hiu tutul, orangutan, dan monyet ekor panjang, serta rusa-rusa liar.

Desa api-api kini dijadikan sebgai lokasi penangkaran rusa. Sehingga, rusa yang ada di wilayah ini, di biarkan berkeliaran yakni di dalam wilayah tertentu. Wisatawan yang datang di lokasi ini, bisa memberikan makan dan foto bersama sambil bercengkrama dengan rusa di desa api-api ini. Sistem penangkaran ini juga dilakukan untuk melindungi jenis rusa sambar yang sudah masuk dalam hewan langka karena perburuan liar manusia untuk mendapatkan tanduk dan daging rusa.

Woody Park

Woody Park

Lokasi
Jl. Syarifuddin Yoes, Sepinggan, Balikpapan Sel, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Tiket Masuk Rp 25.000,00/orang

Jam buka

  • Senin Libur
  • Selasa – Minggu 09.30 – 17.00 WIB

Ringkasan

Ingin menikmati suasana liburan dengan bermain dan belajar seru, sekaligus menantang ? Woody Park menyediakan lokasi wisata taman bermain sekaligus lokasi wisata yang dapat menguji adrenalin anda dan anda dapat berfoto dengan view yang keren juga disana. Para pengelola Woody Park ini, juga menyediakan banyak spot menarik yang bisa memuaskan dahaga bermain kalian. Tempat yang disediakan berbagai macam. Mulai dari perbukitan, taman, pepohonan, hingga kuda-kuda yang dibiarkan bebas berkeliaran begiti saja di tanah lapang. Seru abis kan…!

Woody park juga menyediakan lokasi khusus untuk kegiatan outbound bagi kalian yang sedang memiliki acara kantor atau kegiatan lainnya.Selain itu tempat ini juga memiliki lokasi khusus juga untuk si kecil yang ingin mencoba adu adrenalin yang ingin melayang dan meluncur di udara dengan tali yang di sediakan pengelola dan yang pasti dengan bantuan penjaga yang ada disana. Keamanannya bisa di anggap baik dan keseruannya tidak perlu diragukan lagi.

Waduk Manggar

Waduk Manggar

Lokasi
Jl. PDAM, Karang Joang, Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Tiket Masuk Gratis

Jam buka 24 Jam

Ringkasan

Waduk Manggar kini menjadi salah satu tujuan wisata baru yang hits di kota Balikpapan. Waduk ini memiliki peran yang sangat penting pula di kota Balikpapan, yaitu sebgai pemenuhan kebutuhan air bersih di kota Balikpapan itu sendiri. Nah, karena waduk ini juga memiliki potensi dan keindahan yang menawan, maka waduk Manggar juga kini di kembangkan dan di renovasi sebagai salah satu spot wisata yang cukup menarik untuk di kunjungi.

Terdapat Jembatan penyebrangan yang terbuat dari kayu yang berbentuk melingkar, yang bisa kamu jadikan spot menarik untuk bisa berfoto-foto di Waduk Manggar ini. Atau jika ingin mendapatkan sensasi yang lebih menarik lagi, anda bisa datang di tempat ini pada sore hari untuk mengiringi sunset di tepi bendungan. Pokoknya keren abis deh….

Mahakam Lampion Garden

Mahakam Lampion Garden

Lokasi
Jl. Slamet Riyadi No.75, Karang Asem Ilir, Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Tiket Masuk Rp 5.000,00/orang

Jam buka 17.00 – 23.00 WIB

Ringkasan

Ingin menikmati malam yang special bersama keluarga dan kekasih ? Jangan bingung nih guys, di Kalimantan Timur ada tempat hits yang bisa kamu kunjungi bersama sang kekasih, sahabat, keluarga, dll untuk menikmati malam- malam kalian yang akan di penuhi dengan warna-warni istimewa, yaitu Mahakam Lampion Garden.

Malam memang menjadi salah satu ajang yang menumbuhkan kesan syahdu bagi setiap orang. Nah, untuk bisa memaksimalkan nikmatnya malam syahdu itu pun harus dilakukan dengan cara yang special, salah satu-nya dengan berkunjung di tempat yang satu ini. Dengan berbagai view-nya yang mengesankan dan bila anda berkunjung di sore hari anda juga bisa menikmati sensasi matahari tenggelam yang akan disajikan di tempat ini. Taman ini juga memberikan fasilitas yang banyak bagi pengunjungnya, sehingga bagi penggemar selfi bakal di manjakan dengan berbagai spot lucu, unik, dan menarik di sana.

Cafe Singapore

Cafe Singapore

Lokasi
Beras Basah, Tanjung Laut Indah, Kota Bontang, Kalimantan Timur

Tiket Masuk Gratis

Jam buka 24 jam

Ringkasan

Ada yang tau tentang patung marlion ? Nah, jadi patung marlion itu adalah nama patung berbentuk singa yang ada di Negara Singapore. Saking terkenalnya tentang patung marlion, banyak orang yang menjadikan Singapore sebagai rujukan utama sebagai destinasi wisata liburannya. Pastinya, hal ini akan memakan banyak biaya bagi kita untuk menuju ke sana-nya. Nah, kabar baiknya bagi kalian! Kini patung Marlion ada di dalam negri lho…! Kalian tidak perlu repot-repot membuat paspor hanya untuk foto bareng patung Merlion, hehehe…

Bila berkesempatan jalan-jalan di Kalimantan Timur, kalian bisa mampir di Café Singapore di Bontang. Nah, disana terdapat patung Marlion khas negri singa tersebut, dan asyiknya kalian tidak perlu mengantri lama untuk berfoto… seru gak tuh!!! Selain itu, kalian juga bisa menikmati sunset yang tidak mungkin bisa kalian dapatkan di Singapore, hehehe. Duduk berdua bersama kekasih di café sekaligus menikmati kudapan bahkan makanan berat sembari menyaksikan patung Marlion dan indahnya sunset di sore hari…! Liburan kamu bakal menjadi liburan special ala-ala luar negeri juga kan…!!!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *